Viral Influencer Tiongkok Gunakan Filter Pencantikan yang Drastis

Viral Influencer Tiongkok Gunakan Filter Pencantikan yang Drastis

Viral Influencer Tiongkok Gunakan Filter Pencantikan yang Drastis

KAMUFLASE penampilan atau citra yang ditampilkan di media sosial nyatanya mampu sangat menipu. Salah satu faktornya, tentu saja berkat kecanggihan teknologi atau aplikasi foto yang kini sudah sangat jamak.

Salah satu contoh tipuan penampilan di medsos diungkap akun Ex Treme lewat unggahan di Facebook. Unggahan itu berisi sederet foto dari dua influencer Tiongkok.  

Influencer dengan akun @Coeyyyy tampak berbeda dalam dua menjepret yang disandingkan dan diberi tajuk ‘sebelum dan sesudah’.   Dilansir dari Daily Mail, @Coeyyyy adalah bintang di platform belanja daring dan sosial media Xiaohongshu atau RED yang berbasis di Tiongkok.  

Perbedaan foto @Coeyyyy tampak di seluruh bagian tubuh, mulai dari muka hingga bentuk rahangnya. Bahkan besaran tubuh pun turut berubah, dari agak berisi  menjadi sangat langsing.  

Foto itu rupanya diunggah setelah @Coeyyyy secara tidak berniat difoto saat jalan-jalan dengan seorang teman. @Coeyyyy kemudian mengunggah memotret yang sudah diedit itu.
Tidak jelas aplikasi yang dimanfaatkan. Namun beberapa aplikasi sudah masyhur punya fitur ‘pencantikan’ seperti FaceTune, TikTok, maupun Instagram.

Netizen pun menyikapi unggahan Ex Treme dengan beragam. Salah satunya memuji hasil editan itu dengan sebutan level Photoshop. Sedangkan netizen lain berjenaka di dalam komentarnya. “Gunakan foto itu jika mereka hilang dan Anda mau menemukan orang yang sama seluruhnya berbeda. ”

Netizen lain jutru ada foto itu adalah dua karakter berbeda, seperti pemeran pengganti pada film laga. Ia berpendapat bahwa meskipun wanita dalam kedua tulisan itu mengenakan pakaian yang setara dan berpose dalam posisi dengan sama, sangat sulit untuk menedit tubuh menjadi kecil tanpa merusak latar belakang.

Netizen itu juga mengungkap foto yang diedit biasanya mempunyai resolusi lebih rendah dari aslinya. Padahal, dalam foto tersebut dengan terjadi malah kebalikannya. (M-1)