Regis Philbin, Pemandu Who Wants to Be a Millionaire, Tutup Piawai

Regis Philbin, Pemandu Who Wants to Be a Millionaire, Tutup Piawai

Regis Philbin, Pemandu Who Wants to Be a Millionaire, Tutup Piawai

Regis Philbin, arsitek televisi yang juga membawakan gameshow Who Wants to a Millionaire dan ajang kecantikan Miss America wafat pada usia 88 tahun.

Philbin adalah pembawa acara di penuh acara televisi, termasuk acara bincang-bincang pagi Live with Regis and Kathie Lee, yang ia bawakan bersama Kathie Lee Gifford. Co-host program itu kemudian digantikan Kelly Ripa dan acara berganti nama menjadi Live with Regis and Kelly. Selama bertahun-tahun, Philbin serupa menjadi host untuk kontes Miss America dan gameshow seperti Who Wants to a Millionaire di stasiun ABC.  

Philbin pernah dinominasikan sebanyak 37 kali pada ajang Daytime Emmy Awards, suatu ajang penghargaan yang ditujukan bagi kalender televisi siang hari di GANDAR. Dari 37 kali nominasi sepanjang karirnya, ia memenangkan enam penghargaan, dan pernah dianugerahi Lifetime Achievement Award pada 2008.

“Kami sangat sedih untuk mengabarkan, Regis Philbin yang kami cintai meninggal semalam sebab alamiah, satu bulan sesudah ulang tahunnya yang ke-89, ” bunyi pernyataan keluarga Philbin dikutip dari CNN, pada Sabtu, (25/7) waktu AS.

“Keluarga dan teman-teman selalu berterima kasih atas waktu yang kita habiskan bersamanya – buat kehangatannya, selera humornya yang legendaris, dan kemampuannya yang luar natural untuk menjadikan setiap hari menjelma sesuatu yang layak dibicarakan. Saya berterima kasih kepada penggemar serta pengagumnya atas dukungan luar lazim mereka selama 60 tahun karirnya dan meminta privasi saat awak berkabung, ” lanjut pernyataan tersebut.

Dalam tahun 2006, Philbin juga memiliki penghormatan dari National Association of Broadcasters Hall of Fame dan Television Academy Hall of Fame. Ia juga memegang rekor dunia, dengan waktu siaran sebanyak 16. 700 jam, menurut catatan  Guinness World Records.

Rekan lama Philbin, Kathie Lee Gifford turut berduka tempat kepergian partner siarannya itu. “Tidak pernah ada orang seperti dia. Dan tidak akan pernah ada, ” tulisnya dalam kalimat penghabisan di Instagram sembari mengunggah foto dirinya bersama Philbin. (M-2)