Ragu-ragu dengan Lazio, Dortmund Lolos ke 16 Besar

Ragu-ragu dengan Lazio, Dortmund Lolos ke 16 Besar

Ragu-ragu dengan Lazio, Dortmund Lolos ke 16 Besar

BORUSSIA Dortmund memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 melawan Lazio pada pertandingan Grup F pada
Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (3/12) dini hari WIB.

Buatan itu membuat Dortmund tetap memuncaki klasemen grup dengan koleksi sepuluh poin, sedangkan Lazio tertahan di posisi kedua dengan sembilan pokok.

Dortmund yang tidak memainkan Erling Braut Haaland karena cedera memaksa Lazio bertahan pada fase awal pertandingan. Sepakan Thorgan Hazard menghasilkan tendangan sudut, sebelum Lazio balas menghajar lewat Ciro Immobile yang dihentikan Manuel Akanji.

Baca juga: PSG Sukses Kalahkan MU di Old Trafford

Tuan rumah mengambil keunggulan pada menit ke-44 melalui gol Raphael Guerreiro. Diawali sapuan lemah kiper Pepe Reina, bola dikuasai Hazard yang menyodorkan umpan terobosan untuk diselesaikan Guerreiro.

Lazio menggebrak setelah turun minum. Sepakan Luis Alberto sempat terlihat akan mengancam gawang Dortmund, namun bola membubung di atas
mistar.

Penyerang Dortmund Giovanni Reyna balas mengancam era menerima umpan terobosan dari Marco Reus namun sepakan mendatarnya bisa dimentahkan kiper Reina.

Beberapa saat berselang, giliran kiper Dortmund Roman Buerki yang harus bekerja keras menegakkan gawangnya setelah menahan tembakan bersusah-susah Immobile sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tim tamu mendapat hadiah hukuman pada menit ke-67 setelah Nico Schulz melanggar Sergej Milinkovic-Savic. Eksekusi penalti dengan mulus
diselesaikan Immobile. Itu adalah gol keempat Immobile di Liga Champions musim ini.

Brugge pelihara asa

Sementara itu, Club Brugge memelihara kehendak lolos dari Grup F setelah menang 3-0 atas tamunya, Zenit St Peterseburg, pada pertandingan dengan dimainkan dalam waktu yang bersamaan dengan laga Dortmund kontra Lazio.

Brugge kini mengoleksi tujuh poin dalam posisi ketiga dan secara matematis masih berpeluang menyalip Lazio. Sedangkan Zenit sudah pasti memainkan pertandingan terakhir sebagai formalitas setelah hanya mengambil posisi terbawah dengan satu pokok.

Awak Belgia itu membuka keunggulan di dalam menit ke-33. Bek Zenit Danila Prokhin gagal menyapu bola dengan sempurna dari area pertahanan timnya dan bola kemudian tertuju ke jalur pergerakan Charles De Ketelaere, yang meneruskannya dengan sepakan tulang menembus gawang tim tamu.

Wasit mendermakan tendangan penalti kepada Brugge di dalam menit ke-58 setelah Daler Kuyzaev melanggar De Ketelaere di tempat terlarang. Algojo
Brugge Hans Vanaken melepaskan sepakan penalti hati-hati ke sisi kanan gawang Zenit saat kiper Mikhail Kerzhakov hidup ke arah sebaliknya.

Gol penutup untuk memastikan kemenangan Brugge tercipta di menit ke-73. Ruud Vormer menawan bola di area pertahanan Zenit dan mengoperkannya kepada Emmanuel Dennis di sisi kanan. Ia kemudian berlari ke depan, sebelum menyampaikan umpan silang mendatar untuk dikuasai Noa Lang dan dituntaskan dengan sepakan ke sudut jauh gawang lawan.

Lazio dan Brugge akan berhadapan langsung pada pertandingan terakhir itu, Rabu minggu depan. Sedangkan Dortmund mau melawan Zenit pada
pertandingan yang sudah tidak menentukan. (Ant/OL-1)