PMI Temanggung Jemput Bola ke Pendonor selama Ramadan

pmi-temanggung-jemput-bola-ke-pendonor-selama-ramadan-1

PMI Temanggung Jemput Bola ke Pendonor selama Ramadan

Unit Transfusi Darah (UTD) Sengkang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten  Temanggung, Jawa Tengah berinisiatif melakukan jemput bola pendonor    selama bulan Bulan berkat 1442 Hijriah, dengan sasaran utama di luar masyarakat muslim. Sejauh ini ketersediaan darah relatif cukup.

Kepala Markas PMI Temanggung, Sri Rejeki, mengatakan, guna menutup stok  darah selama Ramadan pihaknya melakukan jemput bola di pos-pos donor darah di luar komunitas muslim, seperti di gereja dan wihara pada siang keadaan. Sedangkan target donor kalangan muslim dilakukan pada suangi hari.

“Selain di gereja dan vihara, kami serupa tetap menyelenggarakan donor pembawaan bagi komunitas muslim yang dilakukan pada malam hari, ” kata Sri, Minggu (18/4).

Baca juga:   Kisah Diaspora Indonesia Jalani Puasa Terlama di Negeri

Menurut dia, pada bulan puasa para pendonor memang cenderung berkurang.   Namun belakangan permintaan darah juga relatif turun, sehingga masih bisa terpenuhi

Staf Basis PMI, Tasrif mengatakan stok aman darah pada saat Lebaran  minimal per golongan 15 kantong, karena kebutuhan darah saat Lebaran tak bisa diprediksi.

Ia menambahkan, ada sekitar 85 karung darah di Temanggung yang berbasis  sekolah, kantor, Ormas, dan agama atau komunitas. Kesadaran dalam donor  darah juga terus bertambah, sehingga pada saat normal tidak ada  permasalahan terkait simpanan darah.

“Jika kebutuhan meningkat dan kebetulan PMI Temanggung tidak memiliki stok, oleh karena itu akan meminta ke PMI di sekitar Temanggung, seolah-olah Magelang, Wonosobo, Yogyakarta”. (H-3)