Pesawat Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

Pesawat Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

Pesawat Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

KAPAL-KAPAL milik PT Pelni (Persero) siap mendukung negeri mendistribusikan vaksin covid-19 hingga ke wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan Indonesia.

“Selain jangkauan trayek dengan luas, kapal-kapal Pelni merupakan operator kapal terbesar di Indonesia yang menjalankan program tol laut, secara peran utamanya mendistribusikan kebutuhan istimewa masyarakat di wilayah dengan kanal yang terbatas, ” kata Penasihat Utama Pelni Insan Purwarisya L Tobing dalam keterangan tertulis, Senin (21/12).

Ia berharap pemerintah melibatkan perusahaannya dalam mendistribusikan vaksin covid-19 ke penjuru Nusantara, mengingat vaksin menjadi kebutuhan yang ditunggu banyak wilayah di Indonesia.

Baca juga: LIPI Ciptakan Suplemen dari Jahe dan Kunyit untuk Tingkatkan Imun

Sebagai perusahaan angkutan penumpang dan barang, Pelni, saat ini, mengoperasikan 26 kapal penumpang, 4 kapal barang, 8 kapal tol laut, 45
trayek kapal pemuka, dan 20 kapal rede dengan berlayar hingga wilayah tertinggal, terisolasi, terluar, dan perbatasan (3TP).

Menurut dia, kapal-kapal Pelni dimungkinkan mengambil peran mendistribusikan vaksin covid-19.

Jika diberi jalan oleh pemerintah, Insan menyakini bagian vaksin menggunakan kapal Pelni dapat dilakukan dengan segera.

Pihaknya juga mempersilahkan pemerintah melihat kesiapan kapal-kapal Pelni.

“Kapan saja, kami siap mendampingi negeri melihat prosedur angkutan barang dalam kapal Pelni, baik itu pesawat penumpang maupun kapal kargo, ” kata dia.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Masrul Khalimi menyampaikan kapal Pelni mampu mengangkut muatan beku dan nonbeku.

“Untuk isi beku antara lain seperti warga ayam beku, daging, produk perikanan (ikan beku), obat-obatan, hingga es krim. Sedangkan untuk muatan nonbeku yang dapat diangkut antara asing bahan pokok penting, kopra, semak, produk-produk UMKM, barang-barang kebutuhan rumah tangga, semen, dan masih banyak lagi yang lain, ” kata Masrul.

Dia menambahkan, selama lima tahun mengoperasikan kapal tol laut, pihaknya telah mendistribusikan 22. 497 TEUs isi ke berbagai wilayah 3TP. (Ant/OL-1)