Kotor di Pintu Air Manggarai Sampai 888 Ton

Kotor di Pintu Air Manggarai Sampai 888 Ton

Kotor di Pintu Air Manggarai Sampai 888 Ton

BIRO Lingkungan Hidup DKI Jakarta merekam lebih dari 800 ton sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai pada Selasa (22/9) pagi. Sampah itu terbawa dari Sungai Ciliwung.

“Total 888 meter kubik dengan ketinggian air 740 cm, ” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9).

Jumlah petugas dengan dikerahkan adalah 20 orang dengan total armada 20 unit. Ada tiga jenis alat berat dengan digunakan.

Baca juga: Wagub DKI Minta Jajarannya Waspada Banjir

Pertama, dump truck tipper mungil dengan 2 rit (perjalanan bolak-balik) membawa 28 ton sampah, dump truck tipper besar membawa 400 meter kubik sampah dengan 20 rit, dan tronton membawa 270 meter kubik sampah dengan 9 rit.

Kemudian, Dinas Sumber Daya Tirta DKI Jakarta juga turut menggabungkan sampah dengan menggunakan alat dump truck tipper besar sebanyak 40 meter kubik dengan 2 rit dan tronton membawa 150 meter kubik sampah dengan 5 rit.

Lalu, sudah terkumpul 63 ton kotor di BKB Season City, Jakarta Barat.

Sampah diangkut menggunakan dump truck tipper besar dengan perjalanan 3 rit.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 15 petugas dengan 5 unit armada dan dua bagian alat berat.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiagakan 10 aparat di Sungai Ciliwung, Jembatan Dukuh Melayu, Jakarta Timur. Ada 5 unit armada dengan yang 2 unit alat berat. Andono tidak menyebutkan volume sampah yang menyusun di sana. (OL-1)