Kemendagri Raih Akreditasi A untuk Assessment Center

Kemendagri Raih Akreditasi A untuk Assessment Center

Kemendagri Raih Akreditasi A untuk Assessment Center

KEMENTERIAN Dalam Negeri meraih akreditasi A buat Assessment Center berdasarkan penilaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai instansi pembina. Akreditasi A ialah penilaian tertinggi menurut Peraturan BKN Nomor 26 Tahun 2019 dengan mewajibkan seluruh lembaga penilaian kompetensi di kementerian dan lembaga distandardisasi, mulai dari aspek organisasi, cara, sampai pelaksanaannya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Di Negeri, Muhammad Hudori, mengatakan terdapat lima kementerian/lembaga yang menerima pengesahan, yakni Kemendagri, Kemenkeu, Kemenkum serta HAM, LAN, dan BMKG. Tersedia pula empat pemda yaitu Pemprov Riau, Jatim, NTB, dan NTT.

“Akreditasi ini sangat positif bagi Kemendagri yang menunjukkan komitmen penuh melakukan sistem merit dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Fungsi assessment center sebagai sarana seleksi bagi pegawai dan pejabat Kemendagri dalam rangka mutasi, rotasi, dan promosi jabatan dijalankan dengan merujuk pada prestasi dan kompetensi, ” kata Hudori usai menghadiri acara penyerahan buatan penilaian akreditasi di Aula BKN, Senin (19/10).

Hudori berharap akreditasi tersebut akan menjadi pendorong terus-menerus bagi seluruh jajaran Kemendagri untuk menjunjung integritas dan profesionalitas dalam pelaksanaan penilaian kompetensi. “Proses akreditasi tidak akhir dari pencapaian tetapi asal perjuangan pelaksanaan penilaian kompetensi dengan lebih baik di masa dengan akan datang, ” sebut Hudori.

Penerimaan akreditasi tidak serta merta direspons dengan berpuas diri melainkan menjelma pemicu bagi pihaknya untuk senantiasa berinovasi dalam pengembangan pelaksanaan penilaian kompetensi.

“Kolaborasi dan pertukaran informasi, diharapkan terus ditingkatkan dalam upaya perluasan lembaga penilaian kompetensi. Dalam hal ini, BKN diharapkan terus melaksanakan pembimbingan sesuai dengan peranannya sebagai instansi pembina, ” pungkasnya. (OL-14)