Italia Jadi Negara dengan Korban Pandemi Tertinggi di Eropa

Italia Jadi Negara dengan Korban Pandemi Tertinggi di Eropa

Italia Jadi Negara dengan Korban Pandemi Tertinggi di Eropa

ITALIA, Sabtu (12/12), menjadi negeri di Eropa dengan korban pandemi tertinggi, dengan total sebanyak 64. 036, menurut penghitungan AFP.

Kementerian Kesehatan tubuh Italia mengatakan sebanyak 649 orang meninggal karena covid-19 dalam 24 jam sebelumnya dan ada 19. 903 kasus baru telah didiagnosa.

Dalam seluruh dunia, Amerika Serikat (AS) memiliki jumlah kematian akibat covid-19 tertinggi, yakni 295. 539 di Sabtu pukul 11. 00 GMT, diikuti Brasil, India, dan Meksiko.

Baca juga: FDA Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech

Menurut penghitungan AFP untuk Eropa, Italia melewati Inggris yang melaporkan 64. 026 kematian dan diikuti Prancis dengan 57. 567 dan Spanyol dengan 47. 624.

Italia merupakan negara Eropa pertama yang menderita gelombang infeksi covid-19, awal tarikh ini. Negara tersebut memberlakukan penguncian nasional terhadap virus yang mematikan dan menakutkan tersebut.

Pada 6 Mei, jumlah korban di Inggris melampaui Italia, dengan hampir 30 seperseribu korban jiwa.

Asosiasi medis nasional Italia, Jumat (11/12), mengatakan total 251 dokter kini telah meninggal karena covid-19.

Di antara yang terbaru ialah Francesco Gasparini, seorang ahli anestesi berusia 67 tahun yang keluar dari masa pensiun untuk membantu mengatasi krisis tersebut.

Sementara, saat Inggris dan Prancis memberlakukan penutupan nasional secara parsial pada musim gugur ini untuk mengendalikan kasus infeksi, Italia memilih memberlakukan pembatasan terberat pada kawasan yang paling parah terkena dampak untuk melindungi perekonomian. (AFP/OL-1)