Hidup Terang Penjaga Asa Nusantara

nyala-terang-penjaga-asa-indonesia-2

Hidup Terang Penjaga Asa Nusantara

SEMASA 15 tahun mengudara, Kick Andy tak pernah perolehan mencari sosok inspiratif di Indonesia. Pada tahun ini, terpilih 5 sosok Kick Andy Heroes.

Mereka ialah Irfan Amalee-Eric Lincoln Maxey (Peace Generation Indonesia), Bripka Nur Ali Suwandi (Rumah Singgah Dunia Damai), juru parkir Puger Mulyono (Yayasan Rumah Lentera Surakarta), Chaim Fetter (Yayasan Peduli Anak), dan Wallace Dean Wiley (Yayasan Papua Harapan).

Adapun satu young heroes Riza Azyumarridha-Wahyu Budi Utami (Rumah Mocaf), serta pahlawan opsi pemirsa yakni dokter Yusuf Nugraha (Klinik Harapan Sehat).

Para siswa dan siswi dengan semacam sekolah yang berbeda tersebut saling bermain gim papan (board game) di sebuah ruangan. Ada yang berhijab, ada yang tidak. Tersedia yang matanya sipit, tersedia yang berkulit gelap. Mereka ialah para peserta yang tengah mengikuti rangkaian kegiatan yang diinisiasi Peace Generation Indonesia, yayasan nirlaba dengan mulanya dari suatu kegiatan.

Adalah Irfan Amalee, 43, dan Eric Lincoln Maxey, 56, perut sosok di balik tindakan Peace Generation Indonesia (Peace Gen) yang sudah mereka inisiasi sejak 2007. Mulanya, keduanya punya sudut pandang yang saling bertolak dapur.

Dipertemukan pada sebuah ruang kelas Etiket Inggris medio 2006, Irfan menganggap negara asal Eric, Amerika Serikat, sebagai sumber masalah saat Eric yang kala itu menjadi guru Irfan bertanya tentang politik dunia. Eric pun masa itu menganggap Irfan sebagai Taliban.

Namun, dari titik tegangan itu, justru terbuka pintu diskusi yang akhirnya mencairkan keduanya dan memiliki kesamaan pandangan.

Visi dengan mereka bawa kemudian berevolusi menjadi gerakan masif lewat Peace Gen. Salah satunya munculnya pesantren inklusi dengan sudah hadir sejak 2010.

Dalam medan itu, Irfan mengajak para-para peserta bukan saja dengan beragama Islam, tetapi seluruh agama untuk ikut berbaur.

Memaknai 12 nilai perdamaian dari gim papan, Peace Gen serupa menginisiasi Taste the Peace, kegiatan untuk mencicipi kuliner dari berbagai latar budaya.

Hingga zaman ini, program Peace Gen telah menjangkau 10. 383 audiensi di berbagai wilayah Indonesia. Belum termasuk di Malaysia dan Filipina.

Atas segala cara yang telah dirintis Peace Gen selama 14 tarikh itulah mereka terpilih jadi satu dari 5 Kick Andy Heroes 2021.

“Ketika perbedaan sering menjadi sumber konflik, itu membuktikan, perbedaan sejatinya merupakan ­anugerah. Mereka menye­mai & menyebarkan perdamaian dalam memperlawankan. Ternyata, banyak cara untuk merayakan keberagaman dan meminta seluruh umat untuk menjadi agen perdamaian. Dan mereka ikut mengukuhkan sejatinya budaya Indonesia penuh dengan adat perdamaian, ” kata Menlu Retno Marsudi dalam petunjuk pemberian penghargaan Kick Andy Heroes pada Irfan Amalee, tadi malam.

“Hadiah ini saya mempertontonkan kepada teman-teman di Peace Generation Indonesia yang menyala dan berkarya untuk perdamaian. Kemudian untuk teman-teman agents of peace di semua daerah di Indonesia serta di beberapa negara tetangga, para guru dan anak, ” kata Irfan dengan datang ke studio untuk menerima penghargaan.

Selama 15 tahun, rencana Kick Andy terus bertransformasi. Termasuk sang host, Andy Noya. Ia yang zaman dikenal dengan rambut ikonik kribonya, lalu tampil dengan kepala plontos, dan kini lebih kerap muncul dengan kupluknya. Program Kick Andy dengan tanpa henti mengaduk-aduk sosok-sosok inspiratif di Nusantara.

Pada tarikh ini, ada 5 penyambut Kick Andy Heroes yang telah diseleksi melalui 3 tahapan oleh juri ekonom dan pendiri Rumah Transisi Prof Rhenald Kasali, pelopor energi ramah lingkungan Tri Mumpuni, dan pendiri ­Kitabisa. com M Alfatih Timur.

Pada periode pertama, terdiri atas 40 kandidat Kick Andy Heroes, dan tahap kedua, terkurasi lagi menjadi 15, mematok akhirnya terpilih 5 satria.

Selain Menristek dan Menlu, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkominfo Johnny G Plate, Menko PMK Muhadjir Effendy, serta Menkop dan UKM Teten Masduki hadir sebagai pemberi penghargaan bagi para sosok Kick Andy Heroes. (Jek/S2-25)