Hakim Perintahkan Bolsonaro Kenakan Masker pada Ruang Publik

Hakim Perintahkan Bolsonaro Kenakan Masker pada Ruang Publik

Hakim Perintahkan Bolsonaro Kenakan Masker pada Ruang Publik

SEORANG hakim di Brasil telah memerintahkan Presiden Jair Bolsonaro untuk memakai masker ketika dia berada pada ruang publik di ibu kota Brasilia dan distrik federal sekitarnya.

Bolsonaro telah dikritik karena meremehkan risiko yang ditimbulkan oleh virus covid-19. Brasil memiliki jumlah kasus virus covid-19 dan kematian terkait covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Menurut penghitungan Johns Hopkins University, ada lebih dari 1, 1 juta kasus yang dikonfirmasi virus covid-19 di Brasil. Ada lebih dari 51. 000 kematian terkait infeksi  tersebut. Terlepas sejak angka-angka itu, Presiden Bolsonaro sudah berulang kali tampil di pendahuluan umum tanpa mengenakan masker masa menyapa para pendukungnya.

Pada satu rapat umum, ia terlihat batuk tanpa menutupi mulutnya. Pada kesempatan lain, ia terlihat bersin ke tangannya dan kemudian menjabat tangan seorang perempuan tua. Keharusan mengenakan kedok di distrik federal mulai sah pada 30 April.

Aturan itu ditetapkan oleh Gubernur Distrik Federal Ibaneis Rocha yang mengharuskan orang buat menutupi hidung dan mulut mereka di semua ruang publik, tercatat transportasi umum, toko, serta wadah komersial dan industri.

Pada 11 Mei, aturan itu semakin diperketat bagi yang melanggar akan dikenakan dam sebesar US$387 per hari.   Putusan Hakim Federal Renato Borelli tidak mengecualikan Bolsonaro. Presiden dan pejabat publik lainnya yang tak mematuhi persyaratan juga akan dikenai denda yang sama.

Sementara itu, Kepala Honduras Juan Orlando Hernandez kudu diberi oksigen ketika menjalani perawatan virus korona atau covid-19 di rumah sakit. Dokter militer, Letnan Kolonel Juan Diaz, memperingatkan Hernandez masih berada dalam keadaan sensitif dan masih perlu dirawat pada rumah sakit.

Diaz, yang bekerja di rumah sakit militer di ibu kota Tegucigalpa, itu memberi cerita betapa serius kondisi medis Hernandez, yang dirawat karena pneumonia. “Hernandez pada Selasa (16/6) mengatakan tertular virus korona. Selain dirinya, hidup dan dua ajudannya juga tentu covid-19. ” (BBC/Nur/I-1)