H-5 Lebaran, Pemerintah Kebut Penyaluran Bansos

H-5 Lebaran, Pemerintah Kebut Penyaluran Bansos

H-5 Lebaran, Pemerintah Kebut Penyaluran Bansos

PEMERINTAH akan mengebut penyaluran bantuan sosial (bansos) menjumpai Lebaran yang tinggal menghitung hari. Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, penyaluran bansos bakal dilakukan secara besar-besaran dalam lima hari terakhir menjelang Lebaran itu.

“Misalnya Kemensos kan targetnya 9 juta KPM, itu yang akan kita salurkan sekitar 8, 3 juta dalam 5 hari ini, ” kata Muhadjir dalam telekonferensi sudah Rapat Terbatas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19, Senin (18/5).

Selanjutnya, kata Muhadjir,   700 ribu berada di wilayah-wilayah klaster 3 yang remote area. Itu membutuhkan waktu kiranya dua minggu sehingga setelah lebaran baru bisa terealisasi.

Baca juga: DKI Dapat 2500 Paket Sembako sejak HIPPI

Menko PMK menegaskan persoalan biaya dan data pun sudah tak ada masalah.

“Kemudian penyalurnya yaitu PT POS juga siap untuk meneruskan dan sudah janji tidak akan libur nanti lebaran, akan kerja keras untuk mengejar target, yakni 8, 3 juta dari 9 juta KPM, ” tegasnya.

Bantuan sosial tunai (BST) disalurkan kepada warga miskin dan rentan terdampak covid-19 di luar Jabodetabek sebanyak 9 juta KK. Mereka adalah KPM di luar penerima PKH dan Program Sembako, dengan indeks sandaran Rp600 ribu/KK/bulan selama tiga bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020. (OL-2)