Eduversal Gelar Lomba Matematika Daring Universal

Eduversal Gelar Lomba Matematika Daring Universal

Eduversal Gelar Lomba Matematika Daring Universal

SELAMA periode pandemi covid -19 sekolah menerapkan agenda Belajar di Rumah bagi para-para siswanya. Kondisi Ini membuat instruktur sulit untuk memotivasi dalam membiasakan.

Selain itu, banyak kompetisi sains dan matematika menghadapi penundaan atau makin pembatalan sebagai dampak pandemi covid 19.

Di tengah pandemi dan masa sulit kompetisi, lembaga pendidikan Eduversal berinisiatif menggelar kompetisi matematika daring level internasional melalui ajang International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).

Menariknya, ajang tersebut terbuka bagi pelajar di negeri air dan sejumlah negara. Kepesertaannya pun dibuka bagi yang belum pernah mengikut lomba dan dengan belum berprestasi pada bidang matematika.

“Selama ini kompetisi matematika nasional dan internasional hanya diikuti siswa tertentu karena sifatnya berjenjang. Melalui I -EMC terbuka bagi siswa memeriksa kemampuannya bagi mereka yang belum dan yang pernah berlomba tercatat bagi yang belum punya prestasi sekalipun, ” kata Dwi Prajitno Wibowo, Presiden Eduversal Indonesia dalam telekonferensi.

Dwi menjelaskan I-EMC kali ini unik karena berbeda dengan persaingan matematika internasional. Pasalnya, I-EMC bukan kompetisi berjenjang karena siswa pendidikan dasar hingga menengah dapat mendaftarkan lomba internasional ini.

Baca juga:   Nadiem Tegaskan tidak Ada Peleburan Pelajaran Agama dengan PPKN

Dalam kesempatan sama, Surya Saputra dari Tim Eduversal mengatakan selama 12 tahun telah menyelenggarakan persaingan matematika nasional. Ribuan siswa Nusantara telah mengikuti kompetisi ini.

“Nah, ragam terbarunya adalah  Eduversal  Mathematics Competition  (EMC)  dimana kami  mulai  menyelenggarakannya secara online pada 2019. Tarikh ini kami berencana meningkatkan perlombaan matematika ke panggung internasional dan mengadakan Kompetisi Matematika daring internasional, ” ujarnya.

Kompetisi tersebut akan digelar secara daring pada 11 Juli 2020 sekaligus kompetisi yang pertama kali diadakan di Indonesia. Surya menjelaskan peserta dapat bersaing di dua level yang berbeda,   Level Junior  untuk pelajar dengan berusia di bawah 14 tarikh, dan  Level Senior  untuk yang berusia rentang 14 sampai 17 tahun.

Ia menambahkan untuk saat tersebut sudah lebih dari 50 negeri yang diundang untuk mengikuti perlombaan bergengsi ini dan sudah direspon dengan baik sejumlah negara antaralain Inggris, Amerika dan Brasil. Sayembara ini akan diselenggarakan dalam 3 bahasa yaitu Bahasa Inggris, Nusantara dan Rusia.

Adapun jadwal pelaksanaan I-EMC dimulai pendaftaran  sejak tanggal 8-30 Juni 2020. Kemudian dilakukan uji coba atau try out pada 4 Juli 2020, lalu kompetisi  berlangsung pada  11 Juli 2020 dan pengumuman  pemenang pada 18 Juli 2020.

“Mari bergabung dengan peserta  I-EMC  dari seluruh dunia buat menunjukkan kemampuanmu di bidang Matematika di tingkat Internasional, ” mengakhiri Surya. (OL-7)