DKI Belum Tahu Kapan KBM Sekolah Dibuka

DKI Belum Tahu Kapan KBM Sekolah Dibuka

DKI Belum Tahu Kapan KBM Sekolah Dibuka

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta belum bisa meyakinkan kapan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dibuka kembali. Tergantung pandemi Covid-19 dan disiplin dalam prilaku adaptasi kebiasaan baru oleh masyarakat.

“Kapan dibuka? Kita gak terang. Tapi dengan kondisi seperti itu kita diminta untuk beradaptasi segera, ” kata Kepala Dinas Pelajaran Provinsi DKI Jakarta Nahdiana, dalam webinar bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Sabtu (31/10).

Nahdiana menuturkan, yang terpenting dalam proses belajar mengarahkan yakni hak sehat yang dimiliki anak-anak dan guru. Untuk itu, pembukaan sekolah diperlukan persiapan & kajian yang matang.

“Bukan hanya asesment. Kita kalau akan membuka madrasah pasti akan ada persiapan teknis pembelajaran. Ketika bicara protokol kesehatan, jumlah kapasitas kelas minimal dua kali shift. Ini jadi tantangan baru, ” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Psikolog Pendidikan Rumah Dandelion Binky Paramitha menuturkan, selama menduduki sekolah dibuka, orang tua dan guru harus berupaya untuk membawa suasana belajar yang menyenangkan untuk anak.

“Jadikan belajar sebagai kegiatan yang bermakna dan menyenakngan. Kegiatan ajar harus lebih interaktif meskipun dengan online. Contohnya anak TK atau SD ketika kelas online. Jangan mengajarkan seperti ceramah, tapi buatlah dua arah, ” pesannya. (OL-13)

Menyuarakan Juga: Bulan Depan, Masuk Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dikenai Beban