BTN Siap Dukung Pemulihan Ekonomi

BTN Siap Dukung Pemulihan Ekonomi

BTN Siap Dukung Pemulihan Ekonomi

PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk akan memaksimalkan derma Rp5 triliun yang ditempatkan negeri guna menggenjot pembiayaan di sektor perumahan.

  “Insya Allah penempatan derma tahap satu sekitar Rp5 triliun dan kami berkomitmen gross ekspansi akan mencapai tiga kali dibanding jumlah tersebut, ” jelas Eksekutif Utama BTN Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, kemarin.

Menurut Pahala, sektor kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi, KPR nonsubsidi, dan kredit wujud akan menjadi motor utama pada mendorong ekspansi tersebut.   “Kami memiliki pengalaman panjang dan jaringan yang luas serta kuat pada sektor perumahan yang mendukung dengan maksimal penyerapan anggaran ini, ” katanya.

Penempatan dana negara itu selalu akan melanjutkan daftar panjang kepercayaan pemerintah kepada BTN. Yang terbaru Bank BTN memperoleh stimulus sandaran subsidi selisih bunga (SSB) buat 146 ribu rumah guna memajukan pembiayaan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah. Dari stimulus tersebut, nilai kredit yang dapat  disalurkan dapat mencapai Rp20 triliun had akhir tahun nanti.

Bank BTN tetap berkomitmen untuk membantu pemerintah di memulihkan kondisi perekonomian nasional. Dengan membangun sektor perumahan, sedikitnya tersedia sekitar 170  industri turunan dengan ikut bergeliat.

“Dari industri bahan gedung, kebutuhan rumah tangga, hingga bahan elektronik akan bergeliat karena terbangunnya sektor perumahan, ” katanya.  

Had kini BTN masih menempati situasi nomor wahid sebagai bank pemangku penyalur tertinggi dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Per 16 Juni 2020 realisasinya mencapai 44. 193 unit rumah senilai Rp4, 45 triliun. (RO/E-1)