Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

PROSES penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Melahirkan (USU) memasuki tahapan pemaparan program kerja, kemarin. Dekan Fakultas Pengetahuan Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr Muryanto Amin menjadi satu diantara kandidat bersama dengan Prof Dr dr Farhat MKed (Sekretaris USU),   Prof Dr M Terpelajar Nasution MA (Guru Besar Menuntut Politik USU), dan Dr Setu Utama PencawanMPd.

Muryanto memaparkan ada enam program bertajuk Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespons Disrupsi dan Hiperkompetisi 2021-2026.

USU, terang Muryanto, harus dapat memberikan kontribusi dalam merespons transisi yang terjadi sangat cepat dalam era revolusi industri 4. 0 ini. “Revolusi industri 4. 0 menghasilkan fenomena situasi dengan pergerakan dunia industri bergerak cepat (disrupsi) dan hiperkompetisi sehingga mengha­ruskan Universitas Sumatera Utara mampu memberikan sumbangan dalam merespons perubahan yang betul cepat terjadi, ” ujarnya.

Muryanto membicarakan ada enam usul dan pendirian program yang akan diprioritaskan jika ia dipercaya memimpin kampus kebesarhatian Sumatra Utara itu.

Pertama, menerapkan kelembagaan dan tata kelola adaptif. Muryanto menegaskan readjustment dan revitalisasi sistem serta tata kelola menjadi landasan penting agar pengelolaan universitas mampu dilakukan secara fleksibel. Selain itu, adaptasi Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian asosiasi, yang dilaksanakan secara integratif.

Selanjutnya merevitalisasi aset universitas untuk mendukung proses pembelajaran, digitalisasi kampus, melakukan enterprise kampus, serta terakhir kerja persis. “Isu penting dalam kerja setara secara institusi ialah memberdayakan kekuatan universitas agar tidak menjadi menara air, ” bebernya.

Ketua Panitia Pemilihan Prof Dr Guslihan Dasa Tjipta SpA (K) menuturkan audisi calon rektor hanya diikuti empat pengikut setelah dua calon mengundurkan diri. “Anggota Senat USU akan menilai program kerja yang nantinya akan dikirim tiga nama ke MWA USU, ” ujarnya. (PS/YP/H-3)